Nama Cijeruk ini memang belum cukup dikenal didunia kepariwisataan Jawa Barat, apalagi se Indonesia.

Dan mungkin hanya diketahui sebagian masyarakat Garut Selatan atau beberapa lainnya. Itu belum terkenal sebagaimana Rancabuaya atau Pantai Santolo.

Pantai Cijeruk mungkin tak seindah Santolo. Tetapi tak taulah karena penulispun belum menyusurinya secara lengkap.

Tetapi dalam pandangan tertentu pantai ini memiliki kekhasan tersendiri, Muara yang tidak langsung ke pantai yang membentuk cerukan adalah sesuatu yang indah. Sehingga jika kita ingin benar-benar ke sisi lautan maka kita harus meliwati dulu cerukan tersebut.


Memang sih muara ini rada agak mirip dengan muara Cilauteureun, serupa tapi tak sama. Jika saja panta Cijeruk ini dipoles dengan penataan dan penambahan Fasilitasnya tentu pantai ini juga akan layak untuk menjadi salah satu destinasi wisata yang boleh di kunjungi wisatawan. Mungkin ditambah arena permainan, kolam renang, penginapan dll.

Selain itu juga bisa saja di Cijeruk ini dilengkapi dengan Kebon binatang mini, atau lainnya.

Pantai Cijeruk ini, masih cukup alami. Belum terjamah oleh tangan-tangan pengusaha atau pebisnis.
Tapi mungkin kedepan ini bisa semakin berkembang, jika perkembangan pembangunan sudah semakin maju di sepanjang pesisir selatan Jabar ini. Sebab jika kita lihat, kualitas pasir dari pantai Cijeruk ini jelas tidak kalah bila dibandingkan dengan pantai di Pemalang misalnya. Sebagai satu perbandingan yang hendak menunjukkan bahwa suatu fungsi penataan itu sangat penting dan sangat berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisata.


Jika kita lihat, Pantai di Pemalang Jawa Tengah  itu terlihat jauh lebih ramai pengunjung dikarenakan disana sudah tersentuh oleh pengembangan dan kelengkapan arena/wahana wisatanya.

Ada tersedia berbagai macam wahana disana, waterboom, seluncuran, kolam renang, dan juga lainnya.

Kelengkapan wahana tersebut tentu telah membuat kawasan rekreasi yang bisa memikat lebih banyak lagi pengunjung. Atau seperti halnya pantai Ancol di Jakarta, yang bisa ramai dikunjungi masyarakat oleh karena penataan dan fasilitas yang memadai.

Demikian pula jika hal tersebut dapat dikembangkan di pantai Cijeruk ini, atau mungkin bisa ditambahkan kawasan lindung dan juga kebun binatang khusus Harimau Sancang misalnya dan atau juga banteng lokal misalnya, dll. Hal tersebut tentu bakal menambah daya tarik pantai Cijeruk.


Bebatasan Langsung Dengan Leuweung Sancang
Di sebelah Timur dari pantai Cijeruk ini adalah hutan lindung Leuweung Sancang, yang konon masih cukup banyak ditemui binatang liarnya. Dulu kita dengar disana ada Banteng dan bahkan lebih dulunya lagi sekira tahun 80 an masih ada harimaunya. Memang sangat disayangkan jika saat ini, semua itu telah punah.

Jika kita lihat dari google maps, Leuweung Sancang ini terlihat masih cukup rapat oleh pepohonan liar. Semoga saja di dalam hutan tersebut masih didapatai binatang-binatang liar endemik khas Jawa Barat. Banteng, macan dll.

DEngan posisinya yang berbatasan langsung dengan leuweung sancang tentu saja pantai Cijeruk ini perlu juga untuk dipelihara, di percantik dan dikembangkan.


Memang sih pantai ini kurang begitu luas jika dibandingkan pantai terkenal semacam Pangandaran, tetapi apabila disini juga bisa menampilkan ke khasan tertentu maka mungkin saja pantai Cijeruk ini nantinya akan menjadi salah satu paket wisata di pantai selatan Garut khususnya, Jawa Barat umumnya.

Sebab kita berharap bahwa suatu ketika, sepanjang pantai selatan Jawa Barat ini dapat di kelola sedemikian rupa yang membentuk satu jaringan kawasan wisata terpadu. Satu sama lain saling melengkapi, sehingga para wisatawan akan memiliki banyak alternatif sebagai paket wisata Laut Pantai Selatan.

Terlihat memang terlalu bombastis, tetapi bukan berarti hal tersebut adalah tidak mungkin untuk diwujudkan. Salah satu kuncinya adalah, pemekaran wilayah di Jawa Barat.


Pemekaran Kabupaten
Dengan adanya pemekaran kabupaten di Jawa Barat, maka kita bisa berharap pembangunan di pesisir selatan Jawa bagian Barat ini bisa lebih berkembang dan menaampilkan kemajuan serta kesejahteraan bagi masyarakatnya.

Beberapa kabupaten yang sangat pantas untuk segera dimekarkan salah satunya adalah Garut Selatan ini. Selain Garut, juga Tasikmalaya, Cianjur dan Sukabumi.

Jika saja pemekaran daerah-daerah pantai selatan Jawa Barat ini terlaksana maka kita meyakini pembangungan di pesisir selatan ini bisa berkembang lebih pesat....salah satunya tentu dunia pariwisata akan lebih maju lagi.

Apalagi jika kelak di Selatan Jawa Barat ini juga akan dikembangkan bandara Internasional, Pelabuhan Samudera dll.


Potensi Olahraga Wisata
Selain itu juga tentu diperlukan satu dipersifikasi pembangunan yang bisa menjadi ikon atau pentrigle untuk pesatnya pembangunan di sana.

Beberapa aspek bisa dikembangkan di sana, yaitu misalnya wisata berkuda, balap motor, road race, WSBK, Motogp, Motocross, Balap Sepeda, Olahraga Dayung, Surfing, Paralayang dll.


Balap Sepeda
Satu hal yang paling memungkinkan untuk dapat diselenggarakan sekarang ini adalah Tour D' Pantai Selatan Jawa Barat.


Tour Pakidulan Jawa Barat ini bisa saja Start dari kota Bandung, lalu etape1 bisa menempuh jalur Bandung Ciwidey, Cidaun, Sindangbarang, Cianjur, Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Ciletuh, Ujung Genteng.

Dan etape 2. Dari Ujung Genteng sd Pangandaran.  Etape 3, Pangandaran, Cimerak, Singaparna Garut, Pameungpeuk, Rancabuaya, Pangalengan dan finis di Bandung lagi. Hanya tinggal peningkatan ruas jalan yang ruksak saja di beberapa lokasi mungkin, selebihnya hampir 90 persen jalur tersebut saya kira sudah layak untuk diadakan balap sepeda.

Selain Balap Sepeda, juga bisa dikembangkan olahraga memancing, Festival Kebudayaan, Balap Kuda, Pembangunan Sirkuit Roadrace di Rancabuaya misalnya dll.

Dengan adanya Atraksi Olahraga wisat tersebut maka secara tidak langsung hal tersebut akan menjadi pendorong bagi kemajuan di Seluruh Pantai selatan Jawa Barat, termasuk juga bisa memicu perbaikan dari pantai Cijeruk ini, sebab ketika pasar sudah terbentuk maka kawasan wisata juga bisa terus dikembangkan, difersifikasi, substitusi, kolaorasi dst.

Overall, maka kemajuan dunia wisata di Cijeruk ini juga akan ikut terangkat karenanya.

Jalan itu memang masih terjal, jalan itu memang kelihatannya masih jauh untuk ditempuh.
Tetapi jika kita tidak berusaha melangkah dari sejak sekarang, maka jalan yang jauh itu akan semakin jauh untuk dicapainya.

Rencana Besar Pembangunan Jabar Selatan.
Bebarapa tahun ini kita merasa optimis atau mendapat angin segar, karena ada beberapa rencana yang pernah digaungkan oleh para pemimpin di Jakarta sana. Yaitu antara lain, pembangunan dermaga nelayan dibeberapa titik, dermaga pelabuhan laut, dan bahkan rencana pembangunan Bandara di Citarate Sukabumi Selatan.

Jika saja kabar berita tersebut bisa terwujud dengan cepat, maka kita boleh berharap bahwa nasib anak bangsa di pesisir pantai Jawa Barat ini akan menjadi lebih baik lagi.

Dan sekali lagi, hal yang paling mendesak adalah pemekaran kabupaten, karena dengan kondisi saat ini maka pelayanan publik terhadap masyarakat di pakidulan menjadi sangat minimal sekali. Terlalu terpinggirkan dan seperti dibiarkan tanpa merasakan adanya pembangunan yang memadai sebagaimana pembangunan yang ada di wilayah-wilayah lain.

Walaupun begitu orang Jawa Barat tidak boleh merasa putus asa, rendah diri dll. Karena kita yakin bahwa Allah SWT mungkin sedang mempersiapkan rencana yang terbaik untuk kita semua. Indah Pada Waktunya. aamiin.

Jika rencana-rencana besar tersebut dapat terealisasi, maka jelas itu akan menjadi kabar baik bagi masyarakat Jawa Barat. Mereka akan merasa dimanusiakan kembali. Bukan semata dijadikan bemper disaat kritis, dan dijadikan ban serep ketika dibutuhkan saja.

Hal tersebut tentu saja akan menjadikan pesisir selatan Jabar menjadi destinasi wisata unggulan di Jawa Barat dan Indonesia pada umumnya. Minimal tidak lagi seperti sekarang yang masih tertinggal dan tak ubahnya seperti sebuah negeri yang mati.

Mimpi itu Kadang Wajib
Bermimpi boleh dong, karena sesungguhnya untuk kemajuan suatu bangsa memang membutuhkan investasi dalam hal infrastruktur darat, laut dan udara.

Untungnya adalah, sudah ada rencana dari pemerintah pusat untuk membangun dermaga komersil bertarap internasional di pesisir Cipatujah yang cukup dekat dari Cijeruk Pameungpeuk ini. 

Selain itu juga ada rencana untuk pengembangan lebih lanjut dari Bandara Nusawiru di Pangandaran dan mungkin kedepan perlu dibangun juga di Selatan Garut atau di Sukabumi sana.

Bermimpi Harus, Mencapai Mimpi lebih Harus Lagi
Sebagai generasi masa kini, tentu kita berharap agar pembangunan di seluruh pelosok negeri ini dapat terus ditingkatkan.


Agar bangsa Indonesia bisa semakin maju, dan pemerataan pembangunan di Jawa Barat dari pantai Utara ke pantai Selatan itu juga sama penting sebagaimana pemerataan pembangunan antara pantai timur dan barat di Amerika Serikat.

Apalagi kedalaman laut pantai selatan Jawa Barat ini memungkinkan untuk dijadikan Pelabuhan Samudera yang memungkinkan kapal-kapal raksasa dan tangker dapat bersandar di sana.

Jika pantai selatan Jawa Barat ini sudah bisa berkembang dan maju, tentu itu akan menambah kesejahteraan bangsa Indonesia pada umumnya dan masyarakat pakidulan Jabar pada khususnya yang sampai sekarang masih sangat terbelakang.

Dan itu adalah tugas bangsa Indonesia dan juga hak bagi warga disana untuk memperoleh pemerataan pembangunan. Akses terhadap kemajuan dan pembangunan sama berhak didapatkan oleh mereka juga, sebagaimana juga berhak didapat oleh saudara mereka di seluruh Indonesia lainnya.

Execute
The procedure must be executed correctly and completely.

Procedure-procedure harus ditempuh untuk dapat dilaksanakan pembangunan yang baik, akuntabel dan sehingga upaya menyelesaikan masalah yang tanpa menimbukan masalah yang lebih pelik nantinya.

POAC, Planning, Organizing, Actuating and Controlling harus benar-benar dijalankan.

Membangun Jawa Barat Bagian Selatan adalah keharusan bagi bangsa Indonesia jika kita berharap segera menjadi bangsa yang maju dan sejahtera.

Pada intinya, mari kita bangun bangsa ini, dari Sabang sampai Merauke, termasuk juga mereka yang tinggal di wilayah pesisir selatan dari Jawa bagian Barat ini. Semoga terlaksana dengan baik dan bertanggung Jawab.

Pantai Cijeruk
Pantai Cijeruk ini misalnya, jelas sekali akan semakin maju kedepannya. Hanya perlu beberapa penataan dan pemeliharaan saja. dan yang paling penting lainnya juga harus memperhatikan daya dukung lingkungan dan kelestariannya.

Tentu saja, dengan pengelolaan yang maksimal dan terencana dengan baik, maka akan menghasilkan hasil/revenue yang juga baik dan maksimal. 

Semoga pantai Cijeruk ini bisa lebih rapih, lebih bersih, lebih tertata dan juga lebih nyaman untuk di jadikan destinasi wisata dan dapat menarik lebih banyak lagi bagi para wisatawan. Aamiin.

Sekian ....dan
Wassalam